Rabu, 23 September 2015

Daging Kambing, nutrisi dan manfaatnya


nutrisi daging kambing
Banyaknya anggapan masyarakat bahwa dagingnya sangat berbahaya bagi kesehatan. Padahal daging kambing adalah sebagian dari karunia Allah bagi manusia.
Daging kambing telah dikonsumsi di seluruh dunia selama berabad-abad. Melihat nilai gizi daging kambing, merupakan salah satu klasifikasi yang baik untuk tubuh sehingga harus ditangani dan disiapkan dengan benar agar  dapat berguna dengan memberikan manfaat bagi tubuh manusia.
Kandungan Gizi Daging Kambing
Sebagaimana dirilis oleh NutritionData.com, per 100 grams(1 ons) daging kambing memiliki beberapa Nutrisi yang cukup tinggi:
  • Kalori : 234, Kalori dari lemak 100
  • Lemak 11g (17 % dari kebutuhan harian)
    • Lemak Jenuh 5g (26%)
  • Kolesterol 109 mg (36 % kebutuhan harian)
  • Sodium 135 mg 6%
Setelah melihat kandungan gizi ini, apa saja manfaat daging kambing untuk kesehatan kita?
1. Sumber Energi Cukup Besar
Manfaat pertama dari daging kambing yang tidak dapat kita pungkiri adalah sumber energi yang cukup besar untuk beraktivitas sehari hari. Kandungan kalori, lemak dan protein akan menjaga tubuh tetap fit selama mengkonsumsi daging ini.
2. Pembentukan Otot
Kandungan protein dalam daging kambing merupakan salah satu yang paling besar di bandingkan dengan daging-daging lainnya. Protein kita ketahui merupakan zat yang sangat penting untuk pembentukan otot dan pertumbuhannya.
3. Mencegah Anemia
Daging kambing merupakan salah satu daging yang termasuk dalam kelas daging merah, seperti yang kita ketahui daging merah sangat penting untuk dikonsumsi saat anda mengalami anemia.
4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Perlu anda ketahui bahwa daging kambing memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, tercatat per 100 gram dapat memenuhi 26 % kebutuhan harian zat besi tubuh kita yang salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh.
5. Sumber Antioksidan
Ternyata daging kambing juga merupakan salah satu sumber Selenium yang cukup besar, total ada 38.0 mcg atau 54% kebutuhan harian. Fungsi antioksidan adalah melindungi sel dari kerusakan.
6. Menjaga Kesehatan Mata
Salah satu yang menjadi sumber gigi daging kambing untuk kesehatan mata adalah kandungan Riboflavin yang dikenal dengan vitamin B2. Kandungan Riboflavin dalam 100 gr daging kambing adalah 0.3mg atau 18% dari kebutuhan harian.
7. Menjaga Sistem Saraf
Sistem Saraf manusia sangat kompleks, nah daging kambing merupakan salah satu sumber energi yang cukup besar serta memiliki zat yang baik untuk saraf yaitu vitamin B12. Kandungannya 4.4 mcg atau 74% dari kebutuhan harian per 100 gr konsumsi. Bisa anda bayangkan betapa besarnya kandungan vitamin b12 dari daging kambing, ini akan sangat baik untuk sistem saraf.
8. Kesehatan Mental
Masih terkait dengan kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi, selain untuk menjaga syaraf dan fungsi utamanya untuk mengubah energi. Vitamin B12 dalam kambing ini juga bermanfaat untuk kesehatan mental.
9. Meningkatkan HDL (Kolesterol Baik)
Kandungan niacin (Vitamin B3) dalam daging kambing merupakan “Pelaku” yang dapat meningkatkan kandungan HDL dalam darah, jadi anda tidak perlu terlalu khawatir dengan lemak jahat di darah anda. Kandungan niacin dalam 100 gr daging kambing 6.5 mg atau 33% kebutuhan harian.
 10. Kesehatan Tulang
Kandungan Phosphorus ( zat kapur ) sebesar  272 mg dalam 100 Gr daging kambing atau 27% kebutuhan harian. Zat ini merupakan salah satu dari zat yang dapat menjaga kekuatan tulang begitu juga dengan kesehatannya.

Segala puji hanya unutk Allah yg telah memberikan banyak sekali karunianya kepada manusia.

Refernsi :http://manfaat.co.id/manfaat-daging-kambing


EmoticonEmoticon